Headlines News :
Home » » Kisi Kisi Ujian Nasional SMP/MTS

Kisi Kisi Ujian Nasional SMP/MTS

Written By Unknown on Sabtu, 16 Maret 2013 | 21.40




Kompetensi–Standar Isi–2012-2013 1

KISI-KISI UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013 
A. KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMP/MTs 



1. BAHASA INDONESIA SMP/MTs 


KOMPETENSI 



1 Membaca dan memahami berbagai 

teks nonsastra (biografi, artikel, 

berita, iklan, tabel/diagram, bagan, 

grafik, peta, denah), berbagai karya 

sastra (puisi, antologi puisi, cerpen, 

buku kumpulan cerpen, cerita anak, 

buku cerita anak, novel remaja, novel 

angkatan 20 – 30-an, dan drama). 

Mengidentifikasi unsur intrinsik drama. 

Menulis catatan pengalaman pada buku harian. 

Menulis pesan singkat sesuai konteks. 

Menulis laporan/pengumuman/resensi. 

Melengkapi surat pribadi/surat dinas/surat pembaca. 

Menulis rangkuman. 

Menulis teks berita sesuai konteks. 

Menulis slogan sesuai konteks. 

Menulis iklan sesuai konteks. 

Menyusun petunjuk melakukan sesuatu. 

Menulis teks pidato. 

Menulis rumusan masalah karya ilmiah/saran karya 

ilmiah/daftar pustaka. 

Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata. 

Melengkapi pantun. 

Melengkapi puisi. 




INDIKATOR 



Mengidentifikasi isi dan bagian suatu teks. 

Menentukan persamaan isi berita. 

Menentukan perbedaan penyajian berita. 

Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan. 

Menentukan kalimat fakta/opini dalam teks iklan. 

Menyimpulkan isi paragraf. 

Mengidentifikasi isi grafik, tabel, bagan, denah. 

Mengidentifikasi unsur intrinsik puisi. 

Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/cerita 

anak. 

Mengidentifikasi perbedaan karakteristik dua novel. 






2. Menulis dan menyunting teks 

nonsastra dengan menggunakan 

kosakata yang bervariasi dan efektif 

dalam bentuk buku harian, surat 

pribadi, surat dinas, narasi dan pesan 

singkat, laporan, pengumuman, 

petunjuk, rangkuman, teks berita, 

slogan/ poster, iklan, resensi dan 

karangan, surat pembaca, teks pidato, 

dan karya ilmiah; menulis teks sastra 

dalam bentuk puisi, pantun, dongeng, 

cerpen, dan drama. 



Melengkapi naskah drama. 

Kompetensi–Standar Isi–2012-2013 2

2. BAHASA INGGRIS SMP/MTs 



NO KOMPETENSI INDIKATOR 

Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf 

atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi 

tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau 

tujuan komunikatif dalam teks fungsional pendek 

berbentuk caution/notice/warning, greeting card, 

letter/e-mail, short message, advertisement, 

announcement, invitation, schedule. 

Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf 

atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi 

tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau 

tujuan komunikatif dalam teks berbentuk procedure. 

Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf 

atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi 

tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau 

tujuan komunikatif dalam teks berbentuk descriptive. 

Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf 

atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi 

tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau 

tujuan komunikatif dalam teks berbentuk recount. 

Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf 

atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi 

tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau 

pesan moral/tujuan komunikatif dalam teks berbentuk 

narrative. 

1. READING (Membaca) 

Memahami makna dalam wacana 

tertulis pendek baik teks fungsional 

maupun esai sederhana berbentuk 

deskriptif (descriptive, procedure, 

maupun report) dan naratif (narrative 

dan recount) dalam konteks 

kehidupan sehari-hari. 

Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf 

atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi 

tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau 

tujuan komunikatif dalam teks berbentuk report. 

Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks 

rumpang bentuk recount/narrative sederhana. 

Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks 

rumpang bentuk descriptive/procedure sederhana. 

Menentukan susunan kata yang tepat untuk membuat 

kalimat yang bermakna. 

2. WRITING (Menulis) 

Mengungkapkan makna secara tertulis 

teks fungsional pendek dan esai 

sederhana berbentuk deskriptif 

(descriptive, procedure, maupun 

report) dan naratif (narrative dan 

recount) dalam konteks kehidupan 

sehari-hari. 

Menentukan susunan kalimat yang tepat untuk 

membuat paragraf yang padu dan bermakna. 

Kompetensi–Standar Isi–2012-2013 3

3. MATEMATIKA SMP/MTs 



NO KOMPETENSI INDIKATOR 

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan 

operasi tambah, kurang, kali, atau bagi pada bilangan. 

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan 

perbandingan. 

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan 

operasi bilangan berpangkat atau bentuk akar. 

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan 

perbankan atau koperasi dalam aritmetika sosial 

sederhana. 

1. Menggunakan konsep operasi hitung 

dan sifat-sifat bilangan, perbandingan, 

bilangan berpangkat, bilangan akar, 

aritmetika sosial, barisan bilangan, 

serta penggunaannya dalam 

pemecahan masalah. 

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan 

barisan bilangan dan deret. 

Menentukan pemfaktoran bentuk aljabar. 

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan 

persamaan linier atau pertidaksamaan linier satu 

variabel. 

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan 

himpunan. 

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan 

fungsi. 

Menentukan gradien, persamaan garis, atau 

grafiknya. 

2. Memahami operasi bentuk aljabar, 

konsep persamaan dan 

pertidaksamaan linier, persamaan 

garis, himpunan, relasi, fungsi, sistem 

persamaan linier, serta 

penggunaannya dalam pemecahan 

masalah. 

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan 

sistem persamaan linier dua variabel. 

Menyelesaikan masalah menggunakan teorema 

Pythagoras. 

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas 

bangun datar. 

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan 

keliling bangun datar. 

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan 

kesebangunan atau kongruensi. 

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan 

hubungan dua garis: besar sudut (penyiku atau 

pelurus). 

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan garis-

garis istimewa pada segitiga. 

Memahami konsep kesebangunan, 

sifat dan unsur bangun datar, serta 

konsep hubungan antarsudut dan/atau 

garis, serta menggunakannya dalam 

pemecahan masalah. 



Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan 

unsur-unsur/bagian-bagian lingkaran atau hubungan 

dua lingkaran. 

Menentukan unsur-unsur pada bangun ruang. 

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan 

kerangka atau jaring-jaring bangun ruang. 

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan 

volume bangun ruang. 

3. 

Memahami sifat dan unsur bangun 

ruang, dan menggunakannya dalam 

pemecahan masalah. 



Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas 

permukaan bangun ruang. Kompetensi–Standar Isi–2012-2013 4

NO KOMPETENSI INDIKATOR 

Menentukan ukuran pemusatan atau 

menggunakannya dalam menyelesaikan masalah 

sehari-hari. 

4. Memahami konsep dalam statistika, 

serta menerapkannya dalam 

pemecahan masalah. 

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan 

penyajian atau penafsiran data. 

5. Memahami konsep peluang suatu 

kejadian serta menerapkannya dalam 

pemecahan masalah. 

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan 

peluang suatu kejadian. 

Kompetensi–Standar Isi–2012-2013 5

4. ILMU PENGETAHUAN ALAM SMP/MTs 



NO KOMPETENSI INDIKATOR 

1. Melakukan pengukuran dasar secara 

teliti dengan menggunakan alat ukur 

yang sesuai dan sering digunakan 

dalam kehidupan sehari-hari. 

Menentukan besaran pokok, besaran turunan dan 

satuannya atau penggunaan alat ukur dalam 

kehidupan sehari-hari. 

Menentukan sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya 

atau penerapan dalam kehidupan sehari-hari. 

Menentukan konversi suhu pada termometer. 

2. Menerapkan konsep zat dan kalor 

serta kegunaannya dalam kehidupan 

sehari-hari. 



Menentukan besaran kalor dalam proses perubahan 

suhu atau penerapan perubahan wujud zat dalam 

kehidupan sehari-hari. 

Menentukan jenis gerak lurus atau penerapan hukum 

Newton dalam kehidupan sehari-hari. 

Menentukan besaran fisis pada usaha atau energi . 

Menentukan penerapan pesawat sederhana dalam 

kehidupan sehari-hari. 

3. Mendeskripsikan dasar-dasar 

mekanika (gerak, gaya, usaha, dan 

energi) serta penerapan konsep 

tekanan dalam kehidupan sehari-hari. 



Menentukan besaran fisis yang terkait dengan 

tekanan pada suatu zat. 

Menentukan besaran fisis pada getaran atau 

gelombang. 

Menjelaskan sifat bunyi atau penerapannya dalam 

kehidupan sehari-hari. 

4. Memahami konsep-konsep dan 

penerapan, getaran, gelombang, 

bunyi, dan optik dalam produk 

teknologi sehari-hari. 

Menentukan sifat cahaya, besaran-besaran yang 

berhubungan dengan cermin/lensa atau penerapan 

alat optik dalam kehidupan sehari-hari. 

Menjelaskan gejala listrik statis dalam penerapan 

kehidupan sehari-hari. 

Menentukan besaran-besaran listrik dinamis dalam 

suatu rangkaian (seri/paralel, Hukum Ohm atau 

Hukum Kirchhoff) serta penerapannya dalam 

kehidupan sehari-hari. 

Menentukan besaran fisis energi atau daya listrik 

dalam kehidupan sehari-hari. 

Menjelaskan cara pembuatan magnet dan kutub-

kutub yang dihasilkan. 

5. Memahami konsep kelistrikan dan 

kemagnetan serta penerapannya 

dalam kehidupan sehari-hari. 

Menjelaskan peristiwa induksi elektromagnetik atau 

penerapannya pada transformator. 

6. Memahami sistem tata surya dan 

proses yang terjadi didalamnya. 

Menjelaskan ciri-ciri anggota tata surya atau 

peredaran bumi-bulan terhadap matahari. 

7 Mendeskripsikan konsep atom, ion 

dan molekul dihubungkan dengan 

produk kimia sehari-hari. 

Mendeskripsikan atom, ion, dan molekul serta 

hubungannya dengan produk kimia sehari-hari. 

8. Memahami klasifikasi zat serta Mendeskripsikan larutan asam, basa, atau garam. Kompetensi–Standar Isi–2012-2013 6

NO KOMPETENSI INDIKATOR 

Mendeskripsikan unsur, senyawa dan campuran 

termasuk rumus kimia 

perubahannya. 

Mendeskripsikan sifat kimia atau fisika zat tertentu 

serta perubahannya. 

Mendeskripsikan bahan kimia tertentu yang terdapat 

dalam beberapa produk kimia. 

9. Mendeskripsikan pemakaian bahan 

kimia tertentu dalam kehidupan 

sehari-hari. Mendeskripsikan bahan kimia adiktif dan obat 

psikotropika serta cara menghindarinya. 

Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup. 10. 



Mendeskripsikan ciri-ciri dan 

keanekaragaman makhluk hidup, serta 

pentingnya pelestarian makhluk hidup 

dalam kehidupan. 

Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciri-

cirinya. 

Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam 

ekosistem. 

Menjelaskan usaha manusia untuk mengatasi 

pencemaran/kerusakan lingkungan. 

11. Mendeskripsikan komponen 

ekosistem, interaksi antarmakhluk 

hidup dalam lingkungan, serta peran 

manusia dalam pengelolaan 

lingkungan. Menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi 

manusia dengan kualitas lingkungan berdasarkan 

hasil pengamatan/kasus. 

Menjelaskan sistem gerak pada manusia dan 

penyakit yang berhubungan dengannya. 

Menjelaskan sistem pencernaan manusia dan enzim-

enzim yang berperan pada proses pencernaan. 

Menjelaskan sistem pernapasan pada manusia dan 

penyakit yang berhubungan dengannya. 

Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia 

dan penyakit yang berhubungan dengannya. 

Menjelaskan sistem ekskresi dan reproduksi pada 

manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya. 

12. Menjelaskan sistem organ pada 

manusia. 

Menjelaskan sistem saraf dan alat indera pada 

manusia. 

Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan (organ) 

pada tumbuhan. 

Menjelaskan cara beradaptasi (respon) tumbuhan 

terhadap pengaruh lingkungan luar. 

13. Menjelaskan sistem organ dalam 

kehidupan tumbuhan 

Menjelaskan proses fotosintesis melalui percobaan-

percobaan tentang proses tersebut. 

Memberi contoh adaptasi makhluk hidup dan seleksi 

alam dalam kelangsungan hidup makhluk hidup. 

Menginterpretasi proses persilangan berdasarkan 

hukum Mendel. 

14. 





Mengaplikasikan konsep 

pertumbuhan dan perkembangan, 

kelangsungan hidup dan pewarisan 

sifat pada organisme serta kaitannya 

dengan lingkungan, teknologi dan 

masyarakat. 

Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk 

kehidupan manusia. 


.jangan lupa terus belajar..
SEMOGA BERMANFAAT...... 
THANKS............



Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Statistik

Histats.com © 2005-2012 Privacy Policy - Ter
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Keluargakecil.com - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by yogaswara